Substitusi Gear Set New Megapro di Honda Verza, Nafas Pendek Responsif

 Kepikiran buat ganti gear set verza, ah iseng-iseng baca di beberapa forum, dan akhirnya ketemu beberapa part substitusi gear set honda verza, diantaranya :

1. Gear set NMP dengan kombinasi 14-42

2. Gear belakang GL max  dikombinasi gear depan 15

Dan setelah dipikir-pikir maka pilihan ke 1 lebih aman, kenapa ?, karena memang gear set NMP di verza tinggal PNP, entah kalau gl max sama tidaknya dudukan gear , belum lagi rantai kurang panjang jika pakai bawaan gl atau bisa juga beli rantai pisah tapi ya dengan resiko motong, mending ogah.

Ganti Gear GL 100 di Honda Verza

harga rondo honda verza bekas, menggiurkan sekali

Biaya Perawatan Honda Verza

Cara Sederhana menghindari tangki bocor
Sebenarnya pingin ganti gear set bukan tanpa alasan, karena gear set bawaan verza yang menganut kombinasi 14-41 memang memiliki porsi yang pas, tapi ada beberapa poin lemahnya:


1. Camry alias kemrosok,

2. Cepet Kendur

3. Gear belakang tipisss

Dan Setelah buka katalog sparepart malah bikin puyeng, gimana nggak harga gear set ori AHM NMP sama verza hanya beda tipis NMP dibandrol 235-240 verza malah lebih mahal di atas 250 !!!. Tapi bukan Indonesia namanya kalau nggak lirik merk aftermarket , maka iseng cari dibengkel langganan gear set NMP yang non ori , ada pilihan sss dan orisin, maka berhubung kantong lagi cepak, karena pada saat itu mau solo touring ya otomatis pilih yang paling murah , hehehehe.

dengan doku 115, PNP,,,
        Yups, orisin gear set made in china, dengan doku cukup 115 (lebih murah dari gear set ori motor bebek loh), maka barang bisa dibawah pulang, tertulis di kemasan sudah ISO sekian..... dan SNI patinya, dan secara fisik bisa dilihat digambar bawah gear dan rantai lebih tebal, beda dengan part
AHM yang ringkih, hehehe, (maklum motor murah),

Ganti Bearing Roda Honda Verza

Gear 14-42 
 Seperti layaknya part bawaan gear depan sama dengan verza ukuran 14, belakang lebih besar satu tingkat 42 (verza 41). Fisikly gear set orisin nggak ada masalah, dan seperti yang dikatakan di awal tinggal PNP, tanpa potong rantai atau ngakali dudukan gear

Kampas Rem Honda Verza

Ganti Bearing Honda Verza
Tarikan Responsif, Tapi tiap gigi pendek...

Lantas Impresi awal gimana ?, setelah pemakaian 1 minggu ini yang dirasakan

1. Gejala berisik pada rantai sudah nggak ada...., mungkin efek rantai yang lebih tebal sehingga gesekan rantai dengan gear lebih bisa diredam (cmiiw.....).

2. Nafas Pendek , memang ini konsekuensi gear belakang naik satu tingkat

3. Akselerasi bertambah, ada hubungannya dengan nomer 2 , hentakan awal lebih responsif,

4. Top Speed ,,,,.......................... next artikel dibahas bareng tes touring ke dieng hehehe :-)

 Secara keseluruhan memang ada plus minus ganti gear set NMP di verza, selain lebih irit biaya, selain itu karakter pakai gear set ini cocok di perkotaan , karena akselerasi lebih responsif karena nafas yang pendek, tanpa menghitung efek ke konsumsi bbm yang belum ane hitung pengaruh apa nggak, gear set NMP ini memang setidaknya sedikit lebih cocok dibanding bawaan motor, jadi sangat

Ganti Komstir Honda Verza

Recomended........