Review Ban Michelin Pilot Street di Honda Verza




 Salam brosis, 

Menginjak kilometer yang sudah mencapai 26 ribu km, dan ternyata ban belakang honda verza yang menjadi kendaraan rutinitas mondar mandir cari ilmu, jalan-jalan sudah mulai tidak mumpuni lagi. Memang ban bawaan IRC ukuran 100/90 yang sudah berjenis tubless masih bisa dikatakan tebal, setidaknya pemakaian normal masih sanggup 10 ribu km lagi. Akan tetapi ane yang sensitif sangat dengan kondisi ban sudah sangat tidak nyaman dengan ban bawaan yang sudah 2 kali tambalan ini. Bukan tanpa alasan  kurag ngegrip, dan jika kondisi aspal basah maka kurang pede jika untuk nikung kanan nikung kiri. Alhasil diputuskan untuk ganti ban.




naik 1 step

Awalnya tetap kuekeh mau pasang ban standart seperti bawaan pabrik IRC NR , tapi gak jadi hehehh, iseng-iseng browsing ban ukuran 100/90-17 hanya IRC semata yang punya , waduh alamat seperti ban depan yang kudu upgrade ukuran nih (hhehehe). Terlebih velg belakang yang berukuran 250-17 memungkinkan untuk diisi ban dengan ukuran lebih dari 100-90. Dan diputuskan cari profil 110 lebarnya, untuk tingginya memang bervariasi tapi cari yang 90 susah, opsi hanya 110/80 atau 110/70 . Sempat kebayang ganti ukuran 120 tapi sadar diri verza bukan motor cangih nan kencang cuma motor nguli , belum lagi mesin yang 150 cc SOHC  kebayang bagaimana beratnya jika pakai ban 120, belum lagi resiko ban tampak donat jika terlalu memaksa jejali 120. Alhasil mantapkan hati upgrade ban 110.

Dan pilihan jatuh pada Michelin Pilot Street 110/70, naik 1 step tapi tinggi turun 2 step, alhasil bisa dilihat di foto atas, kelihatan wagu, tapi tampak ngepas . Oh ya ban ini sebenarnya front tire, tapi gak masalah kata yang jual, oh ya harga bisa ditebus Rp.480.000 plus pasang (di planet ban ), sempat juga ditawari FDR Genzi dengan ukuran yang sama, tapi selisih 80 ribu ya tetep pilih ban made in Thailand ini. 

Ngepas banget sama velgnya

Impresi

- Terlihat Ngepas, tampak ngepas dengan velg 250 karena ban ini biasanya buat ban depan motor 250 cc

- Tarikan berat sedikit, maklum belum lagi final gear yang sudh pakai megapro, jadi kebayang kan tarikan (sedikit) lebih berat

-Buat cornering mantap , beuuh jangan dibandingkan dengan ban bawaan jauhh mah dikata untuk soal nikung , setelah dicoba waktu menikung bisa lebih rebah

-Handling keras, maklum tinggi ban turun 2 step dari 90 ke 70, kebayang memang kerasnya, belum lagi suspensi verza yang stiff sangat ,

- lebih rendah , berkaitan juga dengan tinggi ban yang turun 2 step, lebih rendah , alhasil gak ada acara jinjit lagi dan kaki manapak sempurna.

-kombinasi depan belakang yang pas , depan 90/80 fdr genzi , ini juga menurut ane kombinasi yang pas untuk miring-miring.

Yap harga memang gak bisa bohong dan michelin pilot street terasa 2 tingkat lebih baik, memang dengan tapak yang lebih lebar tarikan sedikit tereduksi tapi untuk cornering dan kestabilan terjadi peningkatan dibanding ban standar. Last untuk lebih jauh review ban yang mulai digunakan sebagai ban resmi moto gp 2016  nanti ane akan bahasa soalnya setelah pasang nih ban, ane akan geber ke ranu pane dan bromo, tenang saja medan ratusan kilometer sudah menanti , tetap tunggu ya brosis   

Salam Bangjoru......

6 comments:

  1. Pny saya verza jg, saya kasih corsa platinum r99 depan 100/80 belakang 130/70 jg ga berat" bgt tarikannya mas bro

    ReplyDelete
  2. wah ane naik satu step aja kerasa, lah agan 2-3 step, iya mungkin gak berat tapi mungkin lumayan terasa,

    thanks da mampir gan

    ReplyDelete
  3. Kalau track aspal hujan atau kering ban michelin pilot street licin ga gan ? Saya juga mau ganti ban ini soalnya, tp masih ragu gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kering hujan juara gan dibanding yang lain (yang harganya sama),

      Delete
  4. Ane pake Verza juga, pake ban Michelin pilot StreetFire ukuran 130/70 untuk roda belakang mantep banget

    ReplyDelete