Pasang Ruji Lurus, Tampil Gaya Tapi Tetap Harus Waspada


Halo Brosis
Spoke Wheel atau bahasa lainnya velg ruji memang sekarang masih digemari, malah bagi yang doyan modif klasik ala cb-cb an hampir 90% memakai velg ruji ini. Begitu pula bjr, dulu saat masih sma bjr juga pakai velg ini alias velg sutandart, wkwkwk, tapi terkadang juga pakai velg aluminium, tapi bjr gak seberapa demen, tentu saja karena velg besi ruji lebih tahan banting, hehehe.

Lah dahulu bjr gemar sekali mengaplikasi bentuk ruji lurus, nggak tahu ?, lihat di gambar, yups pasang ruji begitu adalah kegemaran bjr waktu masih sekolah, hal ini bjr siasati karena pingin tampil sedikit sangar dengan dana terbatas (baca waktu itu masih kere, wkwkwkw). Bukan tanpa sebab ya itu tadi pingin tampil gaya, akan tetapi sebenarnya harus tetap diperatikan jika pasang ruji model begini nih.

Ruji yang terpasang adalah ruji standart, biasanya bjr beli di bengkel seharga 19-20 ribu itu dibungkusnya ada tulisan Yamaha, langsung ngacir ke tukang velg, minta pasang ruji model lurus atau orang2 memplesetkan ruji becak. Sebenarnya pasang ruji model begini sangat tidak di rekomendasikan, tukang velg pun mengamini itu. 

Review Yamaha Carbon Cleaner di Honda Beat

70 ribuan km merupakan jarak tempuh yang lumayan tinggi, seperti halnya angka odometer di honda beat bjr yang sudah memasuki usia 5 tahun, tengok odometer ya sudah menunjukkan angka 77 ribu km lebih.Di tahun ke 5 biasanya motor sudah menunjukkan gejala nakal, istilah nya jajan besar, yups kalo motor non matic palingan ya cek daleman, skur klep, bahkan ada yang biasa sudah oversize, tapi di motor matic sudah wajib jajan cvt beberapa waktu yang lalu.


Sampai di tahun ke 5 bjr hampir gak pernah nyentuh bagian mesin, yups untuk mesin tercatat hanya ganti busi 2x sudah, selebihnya ya bersihkan carburator, alhasil tarikan saat ini mulai berat, mungkin jika dibelah akan ketahuan kalau di piston dan head sudah menumpuk kerak2 sisa pembakaran yang membuat kerja piston semakin berat, akan tetapi rasa-rasanya kok pikir2 untuk bongkar head beat, secara ini motor sekarang sudah jarang dan mobilitasnya sudah tidak setinggi waktu bjr pakai dulu.

Honda New Megapro Berada di Zona Tanggung

Beberapa waktu yang lalu, senter diberitakan bahwa ahm disinyalir punya rencana untuk merefresh lineup sport legendarisnya.Yups Megapro, sebenarnya agak tricky jika ahm berani menyuntik mati Megapro, bukan tanpa sebab, memang karena nama Megapro sudah sangat legend di jagat roda dua tanah air.


Penjualan yang tidak menggembirakan adalah hal yang paling utama sebagai alasan perombakan gen Megapro, terlebih sejak hadirnya verza di awal tahun 2013 penjualan Megapro atau biasa disebut NewMegapro langsung terjun bebas, lah bagaimana tidak terjun bebas dengan harga selisih kurang lebih 2 juta konsumen bisa mendapat mesin yang sama bahkan sudah injeksi (pada saat itu) dan desain yang lebih indonesia bangets.

Handphone Konvensional, Masih Diminati

entengnya ngilani, hehehe
Halo Gansis

Di era serba canggih yang gadgetnya sudah pada android ternyata masih ada yang demen hape jadul, hehehe. Beberapa waktu yang lalu orang tua bjr tiba-tiba hapenya rusak, nggak mati total, hanya hp polytron (cinta produk dalam negeri, hehehe) model candybar speakernya rusak, lah ini firasat harus jajan lagi ini buat beli hp.


Untungnya bjr punya hp nganggur yaitu acer z4 yang bjr dapat dari hibah kakak, sebenarnya nggak tega juga kasih orang tua dengan acer z4, meski layar sentuh tapi layarnya 4 inchi, belum lagi keyboard virtual qwerty komplit dah derita jemari orang tua bjr, hehehe

Langsung saja bjr foto2 itu hape acer z4 langsung upload di olx, tunggu beberapa hari akhirnya laku juga. lah kok dijual ? yups, uang hasil penjualan z4 bjr belikan hp candybar saja yang ada tombol nomer 0-9 layar memang lebih kecil , tapi dengan tombol fisik jelas jari orangtua lebih mudah memahami dan beradaptasi. 

Bjr beli nokia 220, (lumayan masih dapet kembalian 80 ribu, hehehe), Kenapa nokia ? maklum lah mau merk apa lagi coba, hp china sih buanyak tapi paling ya durabilitynya meragukan, terlebih dulu bapak bjr juga pengguna nokia 3310 yang super duper berat dan tebel, akan tetapi setelah megang nokia 220 lah kok ada yang aneh ?, ternyata enteng bener dah, mungkin belum pasang baterainya? sudah kok, nah loh kok enteng, malah samsung caramel yang bjr pakai lebih berat, 

Tanya Kenapa ?

Hehehe

Diskon Pulsar 200 NS, Menggiurkan Tapii


Pengen punya motor sport tapi budget terbatas, hanya cukup buat beli matic atau bebek, tenang saja ada bajaj pulsar yang beberapa waktu lalu ada spesial price untuk tahun produksi lama yang tidak laku alias numpuk digudang, si 200 NS, bila berminat bisa langsung samperin dealer kawasaki terdekat kayaknya hanya beberapa dealer atau menyeluruh , motor baru stok lama (2014, cmiiw).

Siapa yang tidak tergoda
Jujur bjr sempat tergoda, bahkan sempet mampir tanya2 bener nggak nih info, dan ternyata benar di sini, tapi entah menyeluruh atau nggak. Yang jelas sesuai subjudul siapa yang tidak tergoda ? mungkin, mungkin loh hampir 60% biker tergoda, motor 200 cc tenaga 23 hp, yang jelas bisa ngamplengi motor2 150 cc masa kini siapa yang nggak mau, terlebih cukup dengan mahar 15 juta saja !, ya bjr sempat tergoda, ya sempat tergoda loh,


Servis Besar, Dicicil Saja Beli Sparepartnya

Halo Gansis

motor nguli, 13 tahun baru ganti jeroan mesin

Sebenarnya tulisan ini terlilhami oleh pengalaman bjr sendiri, ya beberapa waktu yang lalu motor kantor ibuk bjr yaitu supra x lansiran lama (2003)yang bjr servis besar. Ya nggak besar-besar amat juga tapi cukup buat kantong bolong. Servis meliputi ganti piston set, kampas kopling,rantai kamrat, dan klep.
Sebenarnya yang pakai motor sudah diruh biarkan saja, toh hanya dipakai gawe dengan rute 8 km tiap harinya, tapi sebagai anak yang berbakti (ciyee, hehehe) ya bjr gak bisa diemin gitu saja.

Lah ini kendalanya tentu saja dana, lah gimana yang punya motor nggak kasih lampu hijau buat servis tu motor akhirnya bjr cicil beli sparepartnya. Bjr mulai membeli satu per satu pasca touring ke Jakarta tahun lalu, ya kira-kira 6 bulananlah nyicil.

Review Impresi Ban Michelin Pilot Street Setelah 10 ribu Kilometer

Halo Brosis

Sudah kurang lebih 8 bulan bjr mengganti ban belakang dan mencicipi ban michelin pilot street yang bjr pasang di roda belakang verza. Dengan ukuran 110/70 memang terasa mantap, anteng, dan joss lah pokoknya. Lalu beberapa waktu yang lalu bjr putuskan untuk kembali ke standariyah yap balik lagi ke IRC NR 26 dengan ukuran 100/90, tapi ingets gan bjr ganti ke standariyah bukan kurang puas dengan michelin pilot street.


Selama kurang lebih 8 bulan, bjr sudah ajak sekitar 10 ribuan km termasuk juga touring ke jakarta tengah tahun lalu, belum lagi saat ke ranu pane, bromo dan kawah ijen, istilahnya gak pakai buat manja-manjaan langsung seperti biasa bjr pakai rute panjang, nglayap, hujan panas tetap gas saja. Bagian yang paling superb adalah bjr sama sekali tidak pernah nambag angin waktu pakai pilot street, angin nitrogen di planet ban tetap bjr pakai kemanapun bjr bepergian.

Sport Suzuki, Jangan Hanya Modal Mesin Jos

Halo Brosis

Beberapa waktu yang lalu suzuki melahirkan satria injeksi, dengan perubahan total di segala sisi termasuk engine yang saat ini bisa dibilang superior di kelas 150 cc denga output yang terbilang ngilani yaitu 18 ps lebih dikits. Bandingkan dengan NCB maupun NCBR yang masih berkutat di 17 ps.


Bersamaan dengan itu senter kembali kabar lahirnya sport suzuki, yaps saat ini memang hanya honda dan yamaha yang aktif di kelas sport 150 cc dengan vixion dan ncb. kawasaki dan suzuki absen di kelas ini, akan tetapi sesuai dengan statement petinggi SIS yang memberi info bahwa tahun ini suzuki dipastikan hadir. 

Kode Part Kampas Rem Tromol Honda (HGP)

Halo Brosis



Rem merupakan salah satu piranti keselamatan dari kendaraan bermotor, ada pepatah "putus cinta tak mengapa, putus rem matilah kita" itu seakan benar adanya. Saat ini hampir semua motor yang beredar di Indonesia sudah mengadopsi jenis rem cakram baik itu double piston maupun jomblo piston, eh salah single piston, hehehe.


Akan tetapi itu untuk urusan rem depan sih, rem belakang pun saat ini memang sudah banyak yang menganut cakram, tetapi masih ada saja kok yang setia dengan rem tromolnya, bukan karena rem cakram belakang mahal, tapi memang iya (lah kok, hehehe). Rem tromol di belakang menawarkan kemudahan perawatan, meski begitu untuk kepakemannya bisa dibilang 11-12, bahkan saat bjr pernah bandingkan cakram belakang NMP dengan rem tromol belakang verza ya rasanya nggak beda jauh,

Jok Verza Panjang Fungsional Tapi Keras

Halo Brosis


Jok merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam sepeda motor, motor tanpa jok ? ya ora nyaman, kecuali motor trial itu yang buat jumping2 di atas batu (cmiiw). Kali ini bjr akan share mengenai jok motor si verza. Satu kata ketika di duduki ya nyaman tapi keras !

Sebenarnya tidak hanya verza, rata-rata saat ini jok motor honda memang keras, jangan dibandingkan dengan motor seperti tiger dan megapro, bisa dikatakan beda jauh. Generasi sport honda saat ini seperti Honda verza, ncb, cbr tipikal joknya sama keras, hanya NMP saja yang sedikit lebih nyaman. Lantas mengapa jok verza kok bisa keras, ya mungkin mengurangi biaya produksi , hehehe.( atau bisa nambahi alasan lain).