Mengganti Karet Vakum Yamaha Mio Sporty


Halo brosis
Masih seputaran mio sporty lagi, hehehe, harap maklum karena memang nggak ada bahan buat tulisan. Kali ini masih lanjutan dari kendurnya baut di bagian head yang menyebabkan oli rembes beberapa waktu yang lalu.
Setelah urusan baut kendur dan oli diganti, kemudian bjr iseng2 lihat bagian karbu, agak penasaran dengan tarikan motor yang brebet, dan gas sering nyangkut. Kemudian bjr bongkarlah bagian atas karbu vakum.
Loh bukannya karbu vakum bagian atas/karet vakum nggak boleh dibuka ?, benar brosis, bagian atas karbu vakum nyaris tidak perlu dibuka saat servis, hanya bagian bawah yaitu bagian spuyer dll yang cukup dibersihkan.

7 tahun, 46 ribu km pemakaian
Akan tetapi tersangka utama bjr langsung tujukan kepada bagian karet vakum karbu yang sudah berusia 7 tahun ini mengalami masalah. Dan saat bjr berhasil membuaka bagian atas keluarlah per, kemudian bjr tarik karet vakum, dan ternyata bagian skeep dan rumah skeed yang bewarna hitam tampak baret parah, tidak ada lapisan hitam glossy yang memperlancar naik turunnya rumah skep.
Cara mengatasinya ?, tentu harus diganti, karena baretnya sudah parah sampai sekeliling rumah skep sudah tampak pucat memutih. Masalah timbul disini, karena karet vakum ini sudah terkenal akan kemahalannya, bayangkan saja karet vakumnya saja saat bjr cek di catalouge ygp tercatat berharga 170 ribu, alamak mahal betuul !
Alhasil bjr putuskan untuk cari part alternatif, tanya2 di bengkel harganya untuk aftermarket bermacam-macam ada yang 70-80 sampai 90 ribu, bahkan ada part kw seharga 100 ribu dengan bungkus yamaha, pas bjr tanya “asli gak ?”,jawabnya  “kw 1 mas”, loalah percuma , ini mah sama saja sekalian beli mitasi saja, muter2 bjr dapat di harga 50 ribu merk .....
Setelah itu coba pasang, lah ternyata ada perbedaan dimana di part mitasi yang bjr dapet lubang ventilator di rumah skep bagian bawah hanya 2, sedangkan aslinya 3, kemudian tutup jarum skep dalam lebih panjang yang mitasi. Akan tetapi untuk bentuk keseluruhan tetap sama saja fungsinya, per pun tampak lebih panjang yang mitasi, karena per bawaannya lebih pendek, (mungkin sudah lelah).

pernya sudah lelah

Setelah itu pasang semua ke dalam karburator, kemudian di coba, rasanya sedikit lebih baik, dari kondisi bjr dapat. Tercatat gejala knalpot nembak, sudah minim sekali terjadi. Problem gas yang sering nyangkut pun juga sudah hilang. Saat dirasakan grip gas diputar, lebih berat dan feedbacknya pun lebih cepat (efek skep nggak baret).

harga 1/3 nya
Last, mungkin cara ini bisa dipraktekkan bagi yang karet vakum karburator mionya sudah sobek atau baret2, memang karet vakum asli yamaha harganya terlalu jahanam, tapi thus is Indonesia bung, dipasaran masih banyak solusi murah dengan sparepart kw, hehehe, tapi jangan bicara awet gak nya lah, wong harga sepertiga dari orisinil.
Semoga bermanfaat 


6 comments:

  1. Mo nanya ni gan,mio sporty ane baru ganti karet vacum kmplit ma skep. Tp stlh d pasang tarik gas dkit brebet tp klo tarik gas bnyak ngga. Nah pa tu mslh ny?? Mohon solusi ny gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.bangjoru.net/2016/10/masalah-karet-vakum-mio-imitasi.html , coba kombinasi dengan jarum skep bawaan, kalau tetap brebet memang harus ganti karet skep ori mio,

      Delete
  2. pengalaman pake karbu vacum tapi di sonic 125 lawas ,,,gejala gas ditarik brebet kadang bagus ,,,setelah di buka di bengkel karet ok ,,jarum baret ringan ,,, dipasang lagi tarikan enak ,,, eh cuman bertahan 3 hari brebet lagi ,,, lihat punya lihat posisi jarum yg baret kembali ke posisi semula terputar ,,, akhirnya supaya gar terputar lagi jarum sy lem dengan setitik lem super ,,pasang kembali dan tarikan mantab terus ...dan udah di coba untuk motor lain yg pake vakum seperti thunder ,, vario ,, mio dan tiger ,,, yg kebetulan dapet kasus sama ,,, dari pada beli kit vakum yg harganya buat kantong robek wkwk

    ReplyDelete
  3. gan mau nanya kok stiap langsung gas atau tanjakan itu dia jalannya nembak mundur maju gitu terus bang?? apa perlu ganti vakum atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nembak mundur ? knalpot nembak ? kalau itu dari setelan angin karburator yang kurang pas, bisa juga dari AIS nya yang gak beres. kalau jlan nembak mundur ? apa ngrenjel bisa dari roller cvt maupun rumah roller yang sudah peang.

      Delete