Substitusi Kampas Kopling Honda Verza, Pakai Honda Grand


standart isi 5 biji

Halo Brosis
Si verza yang notabene merupakan tunggangan bjr sehari-hari mulai tampak menandakan tanda-tanda kelelahan. Maksudnya ?, yak beberapa hari belakangan bjr rasakan akselerasi tambah boyo, padahal bjr sudah kembali menggunakan final gear standar 14-41.
Usia motor sudah hampir 3,5 tahun dengan jarak tempuh ya hampir 50 ribu kilometer. Ganti oli rutin iya, servis rutin nggak sih, rasio gear standar, lain2 standar, lah kok motor rasanya loyo, memang kalau kalem2 nggak akan terasa, tapi waktu di coba akselerasi maksimal, wah mulai terasa terjadi penurunan peforma.
Saat konsultasi ke bengkel langganan, mantap memvonis kampas kopling, apalagi katanya kalau ownernya “gemar nglayap/ touring” seperti bjr wah sudah pasti kampas kopling wajib diganti. Dipikir-pikir benar juga sih wong neng verza sudah hampir keliling pulau jawa, bahkan sampai pulau seberang, hehehe.

Setelah konsultasi selesai, lantas meluncur ke beres tanya harga kampas kopling verza, lah ndilalah harganya 30 ribu, eh murah amat, ya tapi per lembar , hehehe. Waduh tengok dompet, ternyata nggak cukup brosis, alhasil melipir pulang dulu ke rumah.

pakai kampas grand (kanan) 4 lembar, gak perlu kampas kecil
Pakai kampas kopling grand/megapro/supra/tiger
Lah ini solusi hematnya, ternyata kampas kopling verza bisa pakai kampas kopling grand/supra 100/ megapro/ tiger, tinggal sesuaikan jumlahnya saja, kalau di verza 5 sama dengan new megapro ya beli kampas kopling set grand yang isinya 4, plus beli ecer satu lagi, atau pasang 4 kampas baru, 1 kampas kopling pilih yang lama masih bagus seperti yang bjr lakukan
Memang sama ? sama kok brosis, contoh mega pro primus juga bisa pakai grand, hanya perlu beli kampas kecil tambahan (mj8) . Soal harga ? lah ini enaknya di bengkel non resmi kampas kopling ahm punya grand/ supra yang isi 4 lembar bjr tebus di harga 72 ribu saja murah bukan, sisanya bisa buat beli... per kopling yang rada keras, alias per kopling honda tiger.
Per kopling tiger bjr tebus 10 ribu / bijinya kali 4, 40 ribu. Kenapa per kopling tiger ? yak alasanya sederhana, karena di samping pir bawaan yang disinyalir juga mulai lembek, per tiger lebih keras, alhasil akselerasi bisa makin menyentak.
Inilah enaknya indonesia, apa2 bisa diakalin, jangan mau di bodohi kampas kopling per lembar 35 ribu wong yang lebih murah ada kok, gak usah menyangsikan juga, kan ini kampas kopling juga orisinil honda dari pabrik yang sama.

kiri tiger, kanan verza, lebih keras dan panjang, alhasil gak jadi pakai
Pasang pasang
Setelah dapat kampas kopling, dan per kopling tiger, langsung dah melipir ke bengkel pasang, mau pasang sendiri sebenarnya tapi apa daya toolkit untuk buka kalter kanan bjr gak punya (alasan padahal nggak bisa, hehehe). Setelah di bongkar taraaa.

lumayan bersih, tanda yang punya rajin ganti oli
Ternyata kampas kopling sudah cukup aus, pantesan akselerasi terasa loyo, terlebih ini motor sering banget nglayap, belum lagi bjr yang demen mainin kopling gak kaget lah kalau kondisi kampas kopling sudah begini tifiss.

biang, loyonya akselerasi

Hal yang menarik baru bjr tahu, kalau per kampas kopling verza ternyata sedikit lebih panjang dan lebih keras di banding tiger, untuk dimensi sama saja. satu pertanyaan yang mengelayut per kampas kopling verza lebih keras dan sedikit lebih panjang, lah kenapa koling kok terasa enteng ?, wong yang bongkar saja tidak tau apalagi bjr, hehehe.
Setelah di timang-timang antara pakai per kopling standart dengan tiger, akhirnya bjr putuskan pakai per kopling standart saja, oh iya brosis per kopling verza sama dengan new megapro, dan ternyata di kalangan bengkel menjadi alternatif selain per kopling tiger, hanya saja per kopling new megapro lebih sulit di dapatkan di banding tiger, alhasil per tiger tetap menjadi primadona, meski kekerasannya masih kalah dengan new megapro.

Test,
Saat di test, akselerasi kembali terasa nampol, saat coba lepas gigi secara spontan di gear ½ terasa ban depan ngangkat (Cuma dikit). Nafas di rentang kecepatan mulai terasa lebih enakan.
Jadi untuk memulihkan akselerasi verza kali ini habis
Kampas kopling grand/supra – 72 ribu
Gasket kalter kanan fuboru – 10 ribu
Oli meditran sx – 44 ribu
Ongkos – 35 ribu
Total – 161 ribu
Heeem 161 ribu yang dihabiskan untuk mengobati akselerasi verza yang mulai loyo, so cukup terjangkau menurut bjr, dan nggak beda jauh dengan motor2 bebek, kalau di hitung sebenarnya cukup 126 ribu (kamkop, dan gasket, oli) ongkos mah nyesuaikan cukup terjangkau untuk ukuran motor sport, namanya juga motor murah, apa-apa harus murah, hehehe.
Kalau ada yang tanya tuh kok oli meditran sx bukannya itu oli mesin diesel , wah wah sesat ini, hehehe iya brosis, kalau ada yang tanya sejak kapan ? itu mah barusan sekalian ganti kampas kopling, hehehe.
So verzamu akselerasinya loyo, ganti yo kampas koplingmu, hehehe

filter oli, 3,5 tahun gak terlalu kotor
Semoga bermanfaat

7 comments:

  1. Gimana sensasi Verza + Meditran SX?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak gimana gitu, maklum pertama belum lenyah

      Delete
  2. Bro.. Punya saya, Si neng perzah kl di stndard, msk gigi 1, pencet kopling.. Roda belakang tetep muter gk bs free.. Apa emang gitu? Trus shifting gearnya kasar/keras.. Motor 1,5 gaon beli seken
    Nb: oli pake rimula skrg mdmx

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cuma setelan koplingnya kurang pas gan, kalau shifting keras kalau dalam kondisi normal enggak kok gan, malah dibanding mx/ supra 125, verza shifting nya lebih kalem suaranya, kalaupun keras selama pakai oli mpx, msx, maupun pft cuma pas gigi n ke 1 (pagi hari)

      Delete
  3. Setelan kopling yg di dlm blok(rumah kopling) ??? Kl stelan yg di tuas atas ma bawah udh dimaenkan hasilna sama aja.. Dl shifting pernah alus pake oli ax7 tp tahan cm 1000 km doang.. Kl dibilang kampas aus..masa iy?! Tuh mtr baru 1,5 taon trus kl buat akselerasi kopling msh respon bagus.. Apa ganti kampas nya aj ya???

    ReplyDelete
  4. Setelan kopling yg di dlm blok(rumah kopling) ??? Kl stelan yg di tuas atas ma bawah udh dimaenkan hasilna sama aja.. Dl shifting pernah alus pake oli ax7 tp tahan cm 1000 km doang.. Kl dibilang kampas aus..masa iy?! Tuh mtr baru 1,5 taon trus kl buat akselerasi kopling msh respon bagus.. Apa ganti kampas nya aj ya???

    ReplyDelete
  5. ane km 92rb msh belum ganti kamkop.. btw referensi yg bagus juga, ntr mau ganti kamkop nmp..

    ReplyDelete