Ganti Rantai H Plus Upgrade Gear depan 15 di Honda Verza



H, Heavy Duty

Halo Brosis
Hampir dua bulan gear set npp namplok di honda verza, artikel disini, akan tetapi belum juga dua bulan yang bjr rasakan agak kurang puas alias kecewa dengan peforma rantai bawaan npp.
Kurang puasnya yaitu di bagian rantainya, yang sedari review sebulan pemakaian bjr sudah tulis uneg-uneg bahwa rantai npp 428 cepat kering, bahkan bisa seminggu dua kali, repot ? pasti, belum lagi sebenarnya bisa lebih sering lah wong bjr saja mobilitas dengan verza akhir-akhir ini sudah jarang, paling sehari Cuma 20 km, coba sehari riding 50-70 km pasti lebih cepat keringnya.
Apa iya salah pelumasan ?, ehhm bjr rasa tidak wong rantai indopart yang sebelumnya bjr pakai aman2 saja, bahkan touring ratusan sampai ribuan km rantai tetap tidak seberisik dan cepat kering seperti npp, padahal sama2 428 belum H. Belum lagi rantai npp setelah di lumasi malah nyiprat ke velg belakang, bjr pikir, ini mah rantainya nggak akur sama pelumas kali, hehehe

cuma 55 ribu

Berangkat dari masalah tersebut maka bjr putuskan untuk mengganti rantai, niat awal bjr cari indopart 428-128 CL for satria 2 tak yang sukses buat bjr jatuh hati. Akan tetapi setelah di toko stock indopart lagi kosong alias belum kulak. Lalu di sodori merk MSK dengan harga 55 ribu rupiah yang tipe H, langsung dah sikat, mumpung murah, hehehe.
O iya tidak lupa bjr beli gear depan ukuran 15 milik GL Pro Neotech yang bjr tebus seharga 15 ribu saja (mpm).

kalau sulit, pakai old cb150 juga ukuran 15
 Langsung melipir ke bengkel , pasang dan ternyata tetap harus potong 4 mata rantai (128-4=124) yang artinya sama saja, oh iya brosis, baik pakai gear 14-41 14-42 (new Magapro) dan sekarang 15-41 panjang rantai tetap 124, jadi GEAR SET NMP (14-42) di honda verza tetap PNP tanpa potong atau tambahi rantai (124).
Jadi dengan memakai final gear 15-41 bjr ingin memperberat akselerasi, karena eh karena gear 14-41 masih terlalu pendek nafasnya dan liar akselerasinya, dengan 15-41 yang bjr rasakan akselerasi lebih smooth dan nafas per giginya lebih panjang dikit, tapi tetap tidak sepanjang saat memakai 14-38. 


Review
Setelah hampir 10 hari pemakaian ternyata rantai msk lebih silent di banding npp, mungkin tipe rantai Heavy Duty plus kombinasi gear 15-41 membuat motor lebih nyantai saat di gunakan, sampai bjr menulis potingan ini, bjr belum menyetel dan melumasi rantai sama sekali.
Overall bjr lumayan puas dengan rantai msk yang made in China, dibanding npp yang made in japan sekalipun rasa-rasanya sedikit lebih bagus (impresi saya). Soal ketahanan masih belum bisa di buktikan entah sampai berapa km.
Next bjr akan review kombinasi final gear di honda verza secara memang sudah 4 kombinasi gear sudah bjr coba di honda verza 14-41 (standart), 14-42 (NMP), 14-38 (GL 100), dan yang terbaru 15-41 (Coba-coba), hehehe, tapi nunggu seminggu lagi sembari test potensi maksimal plus review 15-41 yang baru nancep 10 harian. So pantengin terus.
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment