Ganti Oli Fastron Techno Hijau Di Honda Verza, Ngeri-Ngeri Sedap

si hulk

Halo Brosis

Masih ingat postingan awal tahun lalu dimana pada saat itu bjr posting mengenai pemakaian oli sesat jenis hdeo (oli mesin diesel) yaitu Meditran Sx, kalau yang belum linknya disono. 

Sejak 2 bulan lalu atau bebarengan dengan ganti kampas kopling verza, bjr akhirnya ikut sesat juga dalam penggunaan oli mobil di honda verza. Setelah pemakaian 2 ribu km lebih dikits, akhirnya si oli meditran sx (msx), akhirnya bjr ganti, lah kok cuma 2 ribuan km katanya long drain ?, eits sebentar dulu, berhubung ini pemakaian pertama jadi harus flushing dahulu.

Flushing untuk pemakaian awal sebenarnya setelah 500-1000 km untuk membersihkan kotoran dalam mesin dan sisa2 oli mco sebelumnya. Akan tetapi dasar bjr saja yang agak nekat geber sampai gak enak dan hampir 2 bulan sejak pemakaian akhirnya bjr tap si msx seminggu yang lalu. Sebenarnya msx masih terasa enak di km 2 ribu pemakaiannya, setelah di keluarkan, tampak oli msx hitam pekat, tanda oli bekerja secara maksimal membersihkan bagian dalam mesin.

setelah kurleb 2000 km

 Pft ijo 
Untuk pemakaian sesat yang kedua sebenarnya bjr mau cekoki lagi pakai msx, akan tetapi bjr putuskan untuk beralih ke oli pcmo (oli mobil bensin). Niat awal  pekai prima xp yang 10w-40 yang lebih encer dibandingkan msx maupun prima xp yang 20w-50, tapi setelah tanya harganya lah kok sebotolnya 60 ribu, sempat kaget prasaan harganya 50 ribuan.

Kemudian secara tidak sengaja mata memandang botol oli fastron techno ijo, tanya harga , lah ternyata 68 ribu, selisih 8 ribu dibanding prima xp. Setelah di timang dengan harga yang selisih tipis akhirnya bjr beli pft ijo 10w-40 API SN. 

rejeki anaknya sholeh dapat bonus
Fastron Techno merupakan oli keluaran pertamina bertipe semi sintetik, meskipun semi sintetik, ternyata kandungan sintetiknya cukup tinggi yaitu mencapai 80% yang telah memenuhi tingkatan mutu API Service SN, di rentang harganya menurut bjr pft ijo ini yang paling value dibandingkan merk lain, belum lagi ketersediaannya di hampir semua toko oli. Untuk datasheet oli pft ini bisa langsung saja ke sini
 
Mengapa beralih ke pcmo ?, sebenarnya bukan karena si msx jelek, akan tetapi buat bjr potensi msx yang baru keluar setelah panas kurang sesuai dengan mobilitas bjr yang mobilitasnya saat ini hanya berkisar di sidoarjo surabaya saja (dalam kota), belum lagi saat pagi hari msx perlu ritual "panasi" yang agak lebih lama untuk mendapat suhu kerja oli yang optimal (khas mesin diesel), jadi setelah menimbang-nimbang akhirnya beralih ke  pcmo.

Impresi Pemakaian 

meskipun baru seminggu sejak pemakaian, rasanya cukuplah bagi bjr untuk merasakan impresi oli pft ijo ini. 

Dibandingkan dengan msx pft ijo ini lebih klik sedari awal, artinya gak perlu memanasi terlalu lama seperti msx.

Akselerasi lebih ringan dibandingkan msx, jelas ini yang paling terasa perbedaannya saat riding, msx agak berat akselerasinya dibandingkan pft ijo ini, jelas sekali karakter base oli pft ijo yang semi sintetik (msx mineral) dan lebih encer dibanding msx mempengaruhi. Inilah yang paling enak, karena saat selap-selip di kemacetan pakai oli pft ijo lebih pas

Panas sama saja, kalau sejauh ini yang bjr rasakan baik digunakan bermacet ria di kota Surabaya pft ijo dengan msx soal panas mesin sama saja, data konkretnya sih nggak ada, wong pendinggin verza cuma angin semilir, hehehe.

Perneleng tetap halus, sama seperti halnya dengan msx, dengan pft ijo oper gigi masih terasa halus, ceklik-ceklik, hanya pembedanya dipagi hari saat mesin dingin pft lebih enak.

top speed, meski ada lambangnya Lamborghini, jangan harap top speed layaknya lambo, hehehe. top speed sama saja, tapi dengan pft ijo lebih cepat tercapai dibanding msx.

Deselerasi/ engine break, entah memang prasaan saja, sejauh yang bjr rasakan pakai oli pft ijo bawaan motor terasa ngelunyur saja saat menutup gas, atau bisa dikata engine breaknya lebih kecil dibanding oli mco atau hdeo msx sekalipun, kalau boleh jujur, kalau nggak biasa malah bikin cepat pegal tangan saat di kemacetan, benar kata suhu2 ldic pakai pcmo serasa motor ada sliper clutch nya , wkwkwkwk.
Long Drain ?, sepertinya sama saja, standar maksimal pemakaian msx maupun pft ijo ada di angka 8000 ribu km, tapi kalau di motor (kemungkinan) ada di 3500-4500.

msx setelah 2000, susutnya se crut
 Overall, selama seminggu lebih pemakaian, rasanya bjr puas dengan peforma oli pft ijo ini, harga 68 ribu yang merupakan oli termahal yang pernah bersikulasi di mesin verza rasanya sesuai dengan apa yang di dapat, memang harga gak pernah bohong, hehehe. 

Semoga Bermanfaat

note, fastron techno ada 3 yang ijo (10w-40), ungu/ janda (15w-50), dan biru (10w-30), untuk motor kopling basah pakai yang ijo dan ungu, karena yang biru ada kandungan ilsac gf 5 yang menyebabkan selip di kopling basah, untuk motor kopling kering / motor matic aman-aman saja pakai ketiga-tiganya


 

No comments:

Post a Comment