Review Oli Prima XP 10W-40 API SM, Menuju Long Drain

Halo Brosis
Pada tulisan beberapa waktu yang lalu mengenai oli prima xp dengan viskositas 10w-40 dengan sertifikasi API SM dimana pada saat itu first impression dengan masa pemakaian 7-10 hari hasilnya tidak ada yang istimewa dengan oli pcmo tersebut.
Selang 1,5 bulan pemakaian, bjr ingin meralat impresi dari review 7-10 hari pemakaian tersebut, ya bjr ralat karena sudah bjr “buktikan” bahwa oli dengan harga “sedikit” di bawah fastron tekno dengan viskositas yang sama ini durability (ketahanan) sangat memuaskan.
Memang secara impresi masih sedikit di bawah pft tapi, setelah 2500 km lebih pemakaian bjr rasa oli seharga 60 ribu ini tidak ada penurunan peforma sama sekali. Begitu juga saat bjr test dipstick di selembar tisu di km 2450 pemakaian, ternyata “MASIH BENING!”.

Memang di awal pemakaian terasa tidak ada yang istimewa dengan prima xp 10w-40 ini, bahkan saat itu bjr ambil kesimpulan, ini oli peformanya biasa-biasa saja, tidak ada gejala “langsung on/enak” layaknya pft, atau akselerasi yang nyundul-nyundul macam pft juga, atau smooth layaknya saat memakai msx. Tetapi hampir 4 minggu terakhir bjr coba penyesuaian dengan memakai pertalite.

masih lumayan cerah
Ya bjr putuskan untuk downgrade bahan bakar memakai pertalite dari sebelumnya rutin menggunakan pertamax, disamping aktivitas yang mulai tinggi dan menguras bensin, so pastinya juga pingin “ngirit”, hehehe.
Tak disangka saat minum pertalite ternyata yang bjr rasakan motor kok “tambah enak”, saat bjr gunakan riding tiap hari puluhan kilometer pun rasanya peforma tetap stabil, demikian dengan suhu mesin. Sedikit parno apakah mengalami fuel dilution seperti beberapa waktu lalu, saat bjr tes ternyata nihil, oli masih bening, dan tidak ada gejala bau bensin, “kenthir tenan iki oli”
Prima xp + pertalite, peforma juoos
Ya saat ini sudah jalan menuju angka 3 ribu km (26xxx), dan sekali lagi rasanya tidak ada gejala penurunan peforma secara berarti, so target awal 3000 km tampaknya bisa sedikit revisi sampai 3500 km, hehehehe.
So bjr pikir juga pertaite memang cocok dengan pemakaian saat ini, meski ada sedikit isu miring tentang “kerak hijau” nya tapi semoga tidak, toh memang kompresi verza ada di angka 9,5 yang sebenarnya memang cukup minum pertalite. Hanya saja ada sedikit kompensasi saat runnig di gigi yang tidak tepat maka akan timbul gejala ngelitik, seperti saat menemui jalan agak menanjak kini harus “pas” menggunakan gigi yang tepat.
Kemungkinan hal itu dari setting pembakaran dari ecu yang belum menyesuaikan, next mungkin akan reset ecu guna penyesuaian “downgrade bahan bakar”.
So ini hanya artikel report penggunaan saja, tentu sembari berharap bisa benar-benar long drain untuk yang pertama kalinya, target kini di revisi dari 3000 km kini menjadi 3500 km, kalaupun tidak sampai 3500 km seperti 32xx toh rasanya prima xp 10w-40 API SM ini masih layak untuk di gunakan kembali saat pemakaian selanjutnya.
Semoga Bermanfaat


No comments:

Post a Comment