New Honda Verza, Akankah Seperti Ini Atau Itu



Halo Brosis
Semenjak di luncurkan di awal tahun 2013 tidak ada ubahan berarti yang di lakukan oleh ahm terhadap honda verza, sampai tahun keempat (tahun ini) hanya penyegaran striping dan warna, plus perubahan warna shock belakang plus cover knalpot.

Berbeda dengan cb150r yang sudah mengalami major facelift tahun 2015 lalu, verza sejauh ini minim sekali ubahan, tentu bukan sesuatu yang negatif atau ada yang menyebut verza sebagai anak tiri. Tapi bukan begitu sebenarnya akan tetapi lebih ke arah sebagai “anak kedua” di bawah cb150r.

Selain itu awetnya verza sampai tahun keempat tanpa sentuhan facelift menurut bjr pribadi karena memang verza “disukai” bikers dan memang tergolong minim masalah. Soal desain memang tidak semua orang suka atau memang mau amannya “sesuai selera dan sederhana”, bukan yang terbaik memang tapi tidak malu-maluin.


So jadi menjelang tahun ke 5 verza sudah seharusnya mendapat major facelift, beredar kabar ahm juga sudah menyiapkan all new verza, soal desain kemungkinan besar mengalami perubahan yang cukup signifikan sesuai judulnya “major” yang artinya sebagian besar alias new (baru).


So dari beberapa selentingan kabar memang ada referensi desain new verza, mulai dari India, pakistan, sampai dari UK (Amerika). Tapi satu hal yang pasti untuk sektor mesin kemungkinan besar tidak mengalami perubahan berarti alias tetap SOHC 2 valve 150cc.

So bagaimana desain new verza, mari kita coba lihat satu per satu referensi desainnya.

idaman, motor "sport touring murah
1.      CBF Stunner
Secara garis desain cbf stunner adalah yang paling identik dengan honda verza saat ini mulai dari sasis, rangka, tangki, speedometer, shockbreaker depan belakang,velg, sampai ban. Pembeda keduanya terletak pada body samping dan belakang plus desain depan dimana stunner menganut model bikini fairing (half fairing), sedangkan verza pure motor naked.

Kemungkinan besar new honda verza menganut model seperti cbf stunner memang persentasenya kecil, karena meski secara desain sama, tapi segmennya berbeda. Tapi sebenarnya kalau boleh jujur cbf stunner yang di India berkubikasi 125 cc ini sebenarnya bisa sebagai alternatif varian honda verza, “dijamin jadi motor touring sejuta umat”


2.      Honda Livo
Honda livo model year 2017 merupakan motor honda India berkubikasi 125 cc yang cukup sukses di sana. Secara model memang dari keseluruhan memenuhi syarat sebagai model terbaru honda verza di Indonesia.
paling "kalem"
Secara bentuk mirip-mirip dengan honda verza, lampu depan terlihat lebih cantik dibanding verza saat ini karena bentuknya lebih lebar di bagian atas plus visor depan model shape yang menjadikannya tampak sporty. Desain tangki masih identik dengan verza plus shroud yang sedikit lebih besar tapi gak norak macam new megapro.
Hanya yang kurang enak di pandang adalah desain body samping (kempol) plus jok yang terlihat landai, tidak lagi sedikit meninggi seperti verza saat ini. Tapi di bandingkan cbf stunner kemungkinan livo menjadi new verza lebih besar, tapi pliss saya “nggak suka body samping dan joknya”

desain paling "aman"
3.      Honda Cb150F (Pakistan)
Pilihan desain paling aman untuk new honda verza menurut saya adalah honda cb150f pakistan (di jual di Pakistan). Itu karena garis desainnya adalah yang termirip dengan verza secara keseluruhan, perbedaan mencolok hanya pada fotstep belakang yang bukan model gantung seperti verza saat ini, tapi which is kemungkinan merubah fotstep belakang bukan perkara sulit bagi ahm.
konsolmeter yang susah di tolak
Bentuk body sama, mulai tangki yang identik, body belakang, sampai lampu belakang, hanya body tengah yang tidak polos hitam plus shroud yang sedikit agak ke atas. Dua sisi yang menjadi cb150f Pakistan ini terlihat sangat sporty adalah bagian lampu depan yang bagian telinga (samping) nya agak lebar plus visor yang menutupi konsol speedometer plus takometer, what takometer ? yap lihat saja bentuk takometernya mirip old vixion cuy, aseek ada takometer!.

4.      Honda cb125F
Desain paling “lanjay” menurut saya jika next new honda verza benar-benar mengambil basis desain cb125f. Yap bagi saya ini adalah desain yang paling “berani” di banding 3 pilihan lain di atas.

paling "lanjay"
Tangki besar, shroud model shape besar menyerupai moge cb500, velg palang macam ncb150r, plus body tengah dengan model “ala” deltabox, plus desain belakang macam new megapro, tapi shock belakang dual shock. Satu-satunya sektor yang tidak saya suka adalah headlamp depan.

Akan tetapi kemungkinannya new verza seperti ini kecil, terlebih honda cb125f ini adalah motor khusus pasar UK (Amerika dan sekitarnya), terlebih honda apalagi ahm belum punya sejarah mengambil desain/ basis motor honda UK untuk di pasarkan di Indonesia.

So. Lantas dari keempat next new honda verza, mana yang kemungkinan terbesar menjadi desainnya ?, di lihat dari bentuk body, kelengkapan, dan sejarahnya menurut saya, (ini menurut saya loh), kemungkinan besar saya kerucutkan ada 2 yaitu honda livo atau honda cb150f Pakistan.

Mengapa tidak cb125f ? memang secara selera saya suka tapi tampaknya terlalu “liar dan berani” jika ahm benar2 mencomot desain motor yang di jual di UK, lalu stunner ? mustahil secara ini motor half fairing, sedangkan gen verza pure naked (tapi bisa menjadi opsi varian verza).

Mengapa livo dan cb150f Pakistan ? secara desain keduanya pure naked dan pastinya khas tipikal motor badak atau pekerja keras. Tapi jika saya di suruh pilih Livo atau cb150f sebagai next verza, maka saya akan pilih cb150f , why ? satu desain gak jauh beda dengan verza saat ini. Dua, lampu depan plus visornya tampak sporty , dan ketiga tentu speedometer plus takometernya yang bikin “susah di tolak.”

Tapi bukan tidak mungkin new verza adalah motor yang benar-benar baru desainnya, so yang mana pilihanmu brosis ?

Semoga Bermanfaat


3 comments:

  1. Saya suka yang nomor satu dan empat. Asal jangan tutup tangki model stupa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutup tangki rata dijual terpisah, hehehe

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete