Review Pemakaian Gear 15-41 Di Honda Verza, Tenaga Hampir Merata

modif gear honda verza

Halo Sob

“Ada yang mengeluh akselerasi bawah verza tiap giginya terlalu pendek ? iya sama saya juga merasa demikian”
Kombinasi final gear di honda verza standart adalah 14-41, dimana dengan kombinasi tersebut akselerasi bawah dan menengah sudah lumayan mumpuni untuk digunakan di perkotaan atau jalan menanjak sekkalipun. Tetapi ada yang mengeluh akselerasi di gigi bawah nya terlalu pendek, yups thats right memang begitulah adanya.

Saya sendiri sedari awal sudah 3 kali mencoba final gear di honda verza mulai dari standart 14-41, 14-42 (new megapro), 14-38 (gl 100), dan yang terbaru adalah 15-41. Saya juga sudah sedikit memberi bagaimana impresi dari keempat final gear tersebut, buat yang belum baca monggo baca di sini.

Saat ini saya memakai final gear 15-41 yang sebenarnya secara history penggunaan final gear ini karena (terpaksa), dan impresi pertama dulu pernah saya tulis akselerasi tetap nampol, tapi sedikit lebih panjang dari standart.


Okeh setelah kurang lebih 7 bulan pemakaian rasanya saya sudah mendapat segala hal berkaitan dengan bagaimana sih rasanya final gear 15-41, yups

gear verza
akselerasi lebih panjang 
Pertama akselerasi merata, bila dengan 14-41 gigi 1 dan 2 terasa sangat pendek, apalagi dengan final gear nmp tambah puendeek lagi. Tapi tidak demikian dengan 15-41 yang menurut saya adalah yang terbaik dibanding kombinasi final gear lainnya. Gear 1 bisa sampai 25-30 gear 2 bisa 40-45 an km, 3 bisa sampai 60-65 km/jam.

Gigi 4 miss, entah karena kondisi kampas kopling yang hangus atau setelan kopling yang kurang tepat, gigi 4 terasa kurang nampol dengan final gear 15-41, mungkin setelah ganti kampas kopling saya akan mereview sebenarnya dari kampas kopling atau memang demikian adanya. Tapi so far so good kok gigi 4 dan 5 masih bisa nampol disaran 70-85 (gigi 4) dan gigi 5 di atas kecepatan 85 km/jam.

Buat menanjak lebih enjoy, jika pakai gear nmp digunakan menanjak sudah pasti nampol dan liar sekali rasanya, pakai gl 100 beraaat, tapi 15-41 adalah final gear yang handal digunakan di medan menanjak cukup ekstream seperti bromo maupun cangar Malang, cukup stay di gigi 2 dan 3 dan gas secara perlahan motor masih mampu jalan.

So dari review ringkas di atas bisa saya simpulkan gear 15-41 sudah cukup untuk mengakomodir tenaga verza, dengan catatan gigi 4 yang agak ngambang, tapi bisa dikata tenaga verza lebih optimal dan terasa merata di setiap rpm, buat perkotaan mantap, nanjak ayook, jalan lurus lempeng juga nyamaan tidak kehabisan nafas (meski tak sepanjang 14-38)

gear gl kecil
gear depan gl pro, murah meriah
So ini juga paket hemat buat yang baru minang verza pingin upgrade final gear supaya lebih enteng, cukup dengan ganti gear depan pakai punya gl pro (15 mata) dan rantai sudah pasti tidak perlu potong alias pnp.

 Semoga Bermanfaat


4 comments:

  1. Kalau sepaket belinya sama rantai dan gir belakang biasanya pakai punya motor apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15-41 ? nggak ada yang sepaket dengan ukuran itu, 14-41 cuma verza dan gl max neotech, tanpa memotong dan menambah panjang rantai punya verza 14-41 plus rantai panjang 124 tapi beli gear depan 15 adalah solusi praktis, pakai gl max rantainya terlalu pendek jika dipasang di verza

      Delete
  2. kemarin verza saya saya ganti ma gearset ukuran 15-42, gear depan pake punyanya neotech mata 15 merk TAJIMA dan rantai ma gear yang belakang pake punyanya new megapro mono merk indopart, awalnya sih sama penjualnya ditawarin gearsetnya new sonic 150 merk indopart jg yang satu paket ukuranya dah 15-42 tapi waktu lihat barangnya kok gear belakangnya tipis kyk orinya verza, tkutnya penyakit rantai berisik kambuh lg, akhirnya saya putusin dah pakai gearsetnya new megapro mono soalnya gear belakangnya lebih tebal, dan ternyata benar dengan gear belakang lebih tebal rantai jg lebih senyap, dan gearset 15-42 saya ini sudah menempuh 1500KM, untuk performa sudah sesuai dengan harapan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap sharingnya gan, memang untuk gear belakang motor honda yang generasi baru saat ini punya nmp paling tebal, sip gak salah pilih

      Delete